Main Game secara Offline

Bermain? Siapa yang tak suka. Bahkan yang sudah tua-tua pun, masih suka permainan. Banyak permainan bertebaran di dunia maya. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Dari yang sederhana, sampai yang rumit. Dari yang jadul macam pacman, sampai yang modern macam Counter Strike yang digandrungi banyak gamer.

Berawal dari tagihan yang membengkak, gara-gara anak saya (dan saya :D) keasyikan main game, maka saya mencari cara. Bagaimana agar bisa main game, tapi kantong tetap selamat. Maklum, budjetnya terbatas.

Maka setelah melakukan serangkaian uji coba (ceilee), saya menemukan cara jitu untuk bermain game yang aman dan murah. Anak senang, saya girang dan istri pun tidak berang (karena harus mengurangi jatah belanja).

Langkahnya sederhana. Buka terlebih dahulu game yang hendak didownload, misalkan yang ada di games.co.id, dan biarkan prosesnya selesai.

Setelah itu, klik File > Safe Page as … atau dengan menekan tombol Ctrl dan S secara bersamaan. Lalu klik OK.

Langkah selanjutnya adalah tinggal membuka file dengan ekstensi html.

Untuk membukanya, gunakan Mozilla Firefox. Karena saya pernah mencoba menggunakan IE, tidak bisa dibuka.

Dan selamat menikmati game dimanapun, tidak perlu sambungan internet, tidak ribet dan tidak menguras kantong.

 

Tambahan

Biasanya, Mozilla akan menyimpan semua file atau mendownload web secara lengkap. Jadinya file-file yang tidak perlu ikut terdownload. Sebetulnya, kita bisa hanya mengambil file gamenya saja.

Caranya, cari folder dengan nama yang sama dengan file html. Misal, jika file htmlnya adalah warmachine.html, maka carilah dan buka folder warmachine.

Dalam folder tersebut (warmachine), cari file yang berekstensi .swf – shockwave flash object (kadang namanya sama dengan nama folder).

Klik kanan file tersebut, pilih Open with… > Mozilla Firefox.

Nah Anda bisa main sepuasnya, dengan tampilan lebih luas.

Anda bisa menghapus file-file lain selain file .swf tersebut.

Selamat mencoba dan menikmati asyiknya main game!

Catatan: cara ini hanya berlaku untuk game-game flash saja. Untuk menemukan game-game flash, search dengan google (atau yang lain) dan ketikkan kata flash. Game-game online juga bisa, asal bentuknya flash.

Iklan

One Comment Add yours

  1. Mas Iim berkata:

    om hakim..kalo untuk game online gimana nih…? kayak Dotta, Rf dll. bisa gak..?? biar tagihan gak membengkak… kepala jadi ikut membengkak mikirin cara bayarnya

    kalo game macam dotta ataupun rf, gak bisa pake cara ini. cara ini berlaku hanya untuk game-game dalam bentuk flash. coba cari web yang menyediakan download atau cari rental cd game… selamat berburu

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s