Membangkitkan yang Mati Suri

Akhir-akhir ini, saya disibukkan dengan ritual untuk membangkitkan blog pertama saya yang mati suri. Blog tersebut saya buat kurang lebih 2-3 tahun yang lalu, ketika awal-awal saya mengenal dunia blogging.

Telah banyak waktu yang saya umbar untuk membangun blog tersebut. Belajar dari para master blogspot, baik dari internet ataupun dari media cetak dan buku. Beberapa kali theme atau templatenya saya ganti. Mulai dari yang standar bawaan blogspot, sampai mencari yang gratisan, yang banyak tersebar di internet.

Lalu, ketika saya mengenal wordpress, perlahan-lahan mulai saya tinggalkan rumah pertama saya itu. Bahkan, beberapa barangnya saya angkut dan saya pindah ke rumah yang baru ini.

Karena di wordpress (yang gratisan) diharamkan untuk mengutak-atik blog (kecuali menambahkan gambar pada header dan menambah widget), maka praktis aktivitas saya tercurahkan untuk menulis dan menulis. Saya tak perlu lagi terlalu memperhatikan tentang penampilan, meskipun pada kenyataannya saya juga berulang kali mengganti theme-nya.

Namun, sepekan yang lalu setelah membaca sebuah artikel tentang sebuah bisnis online, saya tergugah kembali untuk melihat-lihat rumah lama saya yang tak terawat. Postingan terakhir entah bulan apa itu. Dan tiba-tiba saja semangat itu tumbuh kembali. Saya seperti seorang anak kecil yang menemukan mainannya yang lama telah hilang. Oprek sana-oprek sini, pasang lalu bongkar lagi. Browsing di gugle, nyari ilmu-ilmu baru ataupun menjiplak konten-konten yang menarik dari blog lain.

Dan pada akhirnya, rumah yang lama tak terurus sudah mulai nampak tanda-tanda kehidupannya. Tidak cukup disitu saja, rumah yang satunya lagi yang dulu saya pergunakan sebagai tempat menerima tamu juga saya fungsikan secara maksimal. Meskipun belum sama persis dengan rumah induk. Ia tetap difungsikan sebagai penerima tamu, tapi tamu dari manca negara.

Lalu tatkala semangat itu masih menggelora, saya malah buat satu bangunan baru lagi. Bangunan yang ini saya gunakan untuk bisnis online. Saya tak akan bahas di sini bisnis apa itu, takut dibanned sama WP. Kemudian, ketika ada tawaran dari teman sekaligus tetangga tentang bisnis offline, saya juga menyiapkan sebuah toko yang akan saya pergunakan untuk berjualan keperluan bayi. Doakan saja saya tetap istiqomah dan mampu merawat demikian banyak bangunan.

Memang, dengan adanya beberapa bangunan blog tadi baik yang lama maupun yang baru berdiri, menyita perhatian saya lebih banyak. Namun hal itu justru menimbulkan efek positif bagi saya. Kini saya harus bisa membagi waktu, antara kerja di dunia nyata dan kerja di dunia antah berantah ini. Harus rajin cari artikel atau sajian untuk tetamu yang mungkin hadir.

Maka dari itu, kalau tidak keberatan. Saya undang Anda para pembaca untuk mampir ke rumah saya yang lain. Nggak usah sungkan-sungkan untuk kasih komentar, kritik atau apapun. Karena kebahagiaan seorang blogger sebetulnya pada adanya komentar yang masuk. Jadi monggo, langsung diintip lewat link ini.

  1. 3B Belajar ngeBlog Bareng
  2. Belajar Bisnis Online

Atau ditengok lewat Widget sebelah atas (judulnya JANGAN LUPA). Matur tengkyu.

5 Comments Add yours

  1. arif berkata:

    woocchh??? judulnya mantteeep.. ternyata bangkit beneran dah ,, ahihihi 😀

    jangan melihat buku dari harganya judulnya… xixixixi…

  2. marsudiyanto berkata:

    Mari bersemangat lagi…

    Kalo yang ngajak pak mars, ya ayoooo

  3. marsudiyanto berkata:

    Segera ke TKP

    jangan lupa bawa masker dan sarung tangan pak! 😀

  4. Yani pgpq.20 berkata:

    Ah boleh juga,,mana rmh yg lain. . .trimakasih sy jdi ikut smngt. . .

    rumah yang lain ada di postingan paling bawah.. atau bisa juga di sidebar paling atas judul JANGAN LUPA

  5. Ping-balik: Gangguan Teknis |

Tuliskan komentar sobat Emha

