Selamat Tahun Baru

Hari ini adalah hari pertama di tahun baru, 2011. Berbagai perayaan di hampir seluruh dunia diselenggarakan untuk memperingati datangnya hari ini.

Jutaan manusia dan trilyunan dana dipersiapkan untuk hari ini, 1 Januari 2011. Ketika ketiga jarum jam (detik, menit, dan jam) menyentuh angka 12 tadi malam, ini berarti kita telah berada di tahun baru, 2011. Meninggalkan tahun 2010.

Orang Indonesia akan saling berkirim sms untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru yang membuat operator seluler kebanjiran order sekaligus kebanjiran duit.

Dan tulisan Happy New Years bisa dipastikan menghiasi hampir di setiap tempat, pertokoan, kantor, di jalan-jalan dan tempat-tempat umum lainya. Kalau orang Rumania, untuk menyambut hari ini, mereka akan mengucapkan An Nou Fericit, sedangkan orang-orang di Negeri Matahari Terbit, Jepang akan berkirim ucapan 明けましておめでとうございます(baca Akemashite Omedetōgozaimasu) sambil minum sake sampai teler.

Lain lagi kata orang Perancis, mereka bilang Heureuse Nouvelle Année untuk mengucapkan selamat tahun baru. Tapi orang Jerman sendiri biasa mengucapkan Glückliches Neues Jahr.

Sedangkan menurut orang Filipina yang berhasil disisihkan Timnas dalam AFF 2010, kata Masaya Bagong Taon lebih pas diucapkan di hari ini. Si pengantar pizza akan menyapa pelanggannya dengan ucapan Felice Anno Nuovo. Dan akan dijawab Gelukkige Nuwe Jaar oleh pelanggannya, yang ternyata orang Afrika.

Yang aneh, orang Belanda negeri kincir angin. Karena untuk mengucapkan selamat tahun baru hampir sama dengan lafal orang Afrika, Gelukkig Nieuw Jaar. Mungkin orang Belanda niru orang Afrika, atau orang Afrika yang ikut-ikutan. Atau sebetulnya mereka adalah satu keturunan :?:.

Terserah, kalau Hercules bilang ευτυχισμένο το νέο έτος (baca Ef̱tychisméno to néo étos). Yang jelas hari ini bukan hari kemarin. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Dan saya sendiri ingin mengucapkan selamat cara orang Turki, Mutlu Yeni Yıl 2011. 😆

Iklan

One Comment Add yours

  1. Selamat tahun baru dan salam kenal di tahun baru ini

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s