Mudah Otak-atik Blog

Banyak orang punya blog. Tapi sedikit yang rutin dan rajin mengupdate postingannya.

Banyak juga yang punya blog. Tapi sedikit yang mau bersusah-susah untuk menghias blog yang mereka miliki. Kebanyakan mereka pasrah dengan theme yang disediakan oleh empunya (blogger.com).

Juga banyak orang yang ngeblog dan mereka cukup kreatif, sehingga untuk theme mereka menggunakan theme alternatif yang banyak tersebar di internet.

Padahal untuk mengembangkan atau mempercantik blog yang kita miliki, sangatlah mudah. Bahkan untuk nyubi sekalipun, seperti saya.

Karena saya tahu bahwa saya seorang pemula, maka yang bisa saya lakukan adalah ‘mencontek’ dari blog atau website orang lain. Jadi yang saya lakukan adalah browsing, jalan-jalan ke blog/website orang lain. Kalau ada hal atau konten yang menarik, maka saya akan mencari kode sumbernya.

Untuk mengetahui kode sumber cukup mudah. Anda hanya cukup menekan tombol Ctrl + U atau mengklik View > View source code.
Nantinya akan muncul halaman baru yang berisi souce code (kode sumber) dari blog atau website yang dimaksud. Kemudian cari kata yang diinginkan. Lebih mudahnya tekan Ctrl + F, lalu ketikkan kata yang dicari.

Kalau Anda jeli, maka Anda bisa menemukan code tersebut.

Setelah code tersebut didapat, tinggal dikopas aja ke blog kita. Dan selesailah sudah.

Tulisan ini saya maksudkan untuk para blogger yang pakai platform dari blogspot atau blogger.com. Di blogspot, kita bisa premak habis wajah blog kita.
Sedangkan kalau pake wordpress.com, tidak semua script diterima. Namun bagi yang mahir bahasa pemrograman web, mungkin hal ini tidak masalah.

UPDATE: Setelah saya memposting tulisan ini, pak Mars yang anti-biasa langsung mencounter postingan ini dengan membuat postingan ini. Bahkan beliau juga mengubah blog lamanya.

5 Comments Add yours

  1. marsudiyanto berkata:

    Asal jeli, wordpress.com juga bisa dipermak…


    ma kasih pak atas pencerahannya.

    1. Pendar Bintang berkata:

      PakDhe Om kan emang anti biasa yang suka otak-atik ๐Ÿ˜€


      otak atik otak alias otak-otak tengiri :D.

  2. marsudiyanto berkata:

    Ini punyak saya


    pengalaman saya, beberapa scrip ditolak oleh wp pak. itu yang tidak saya terima pak ๐Ÿ˜€

  3. Pendar Bintang berkata:

    Blogspot saya mah malah kebanyakan banner ๐Ÿ˜†


    banyak banner=banyak income

  4. Dody berkata:

    saya sekarang pun memakai blogger.. salam kenal


    apapun platform blognya, yang penting nulis tiada henti

Tuliskan komentar sobat Emha

