Gangguan Teknis

on

Masalah teknis bukanlah satu-satunya penentu sebuah keberhasilan ataupun sebuah karya. Namun yang pasti, keberhasilan ataupun karya dipengaruhi oleh masalah teknis.

Entah sudah berapa lama blog saya ini nganggur, tanpa ada perubahan. Tak ada berita, tak ada yang baru. Seolah menjadi blog yang mati suri jilid ke-2. Namun, itulah yang terjadi. Saya tak kuasa menolaknya ataupun menghindarinya. Bukan karena ide yang buntu ataupun pikiran yang cupet sehingga saya tidak membuat postingan yang baru.

Selama sebulan lebih saya menemui kendala teknis yang mengganggu saya dalam penulisan, yang lebih penting pengunggahan, sebuah tulisan. Dan ternyata, masalah teknis tersebut tidak hanya mengganggu aktivitas tulis menulis saya saja. Tapi juga mengganggu aktivitas yang lain.

Ceritanya rumah saya sedang diganggu oleh makhluk ghaib (karena memang ia tidak keliatan) yang bernama listrik. Tegangan listrik yang turun-naik menyebabkan saya menghentikan untuk sementara kegiatan yang berhubungan dengan komputer. Eh, ternyata gangguannya tidak berhenti di masalah turun-naik itu saja. Lebih parah malah. Listrik di rumah hanya kuat untuk menyalakan tv, 3 kipas angin, kulkas, dan beberapa lampu. Praktis untuk kegiatan memasak atau mencuci harus bergantian. Artinya, bila sedang memasak atau mencuci, maka kulkas, tv dan kipas angin harus dimatikan. Padahal sebelumnya semua bisa dilakukan secara bersamaan.

Maka untuk mengatasinya, dipanggillah tukang sulap eh tukang listrik alias petugas PLN. Untuk mengundang petugas PLN bukanlah masalah mudah. Karena mereka ibarat artis, yang harus janjian dan menunggu. Setelah menunggu hampir seharian, datanglah petugas dan memeriksa keadaan. Setelah bongkar sana bongkar sini, listrik di rumah dinyatakan ‘sehat’ oleh petugas PLN.

Beberapa hari setelah pemeriksaan tersebut, ternyata listrik saya semakin kritis. Kalau sebelumnya tegangannya cuma naik turun, sekarang malah cuma mampu menyalakan 2 lampu dan 2 kipas angin. Tidak lebih. Dan parahnya, pada jam-jam tertentu malah mati pet alias mati total. Maka diundanglah kembali petugas PLN. Dan kembali saya harus menunggu kedatangan ‘artis’ dari PLN tersebut.

Akhirnya datanglah, artis pujaan hati ke rumah. Petugas PLN turun dari mobil, tanpa mematikan mesinnya. Seolah petugas sedang dikejar-kejar, sehingga nanti begitu selesai pekerjaan di rumah saya, bisa langsung cabut.

Lah, lampunya nyala gitu kok, kata petugas PLN. Memang, saya lapornya ke petugas piket keluhannya karena listrik mati.

Tadi pas saya lapor masih mati, pak, jawab saya.

Lapornya pas mati aja, jawab petugas nggak mau kalah.

Gimana saya tahu kalau listriknya mau mati, lha wong listriknya mati nggak bilang-bilang, saya membela diri. Apa bapak mau nungguinn seharian, batin saya.

Akhirnya petugas itu ngecek sana-sini, setelah itu sibuk membuat laporan. Begitu dapat tanda tangan saya, langsung cabuuutt.

Lalu saya bilang ke istri, kalau nanti mati lagi, nggak bakalan saya manggil petugas PLN lagi.

Dan betul juga, selang sehari kemudian listrik di rumah mati lagi. Setengah putus asa saya segera memanggil petugas listrik swasta yang sering disebut BTL langganan saya. Karena swasta, maka bentuk pelayanannya pun berbeda. Karena dia tidak perlu membuat atau menulis laporan ini dan itu. Dan setelah melihat kondisi listrik di rumah, tukang listrik memberi vonis: harus mengganti semua jaringan listrik yang ada!

Mau tidak mau saya menuruti nasehatnya, untuk mengganti semua jaringan listrik. Dari pada hidup seperti tahun kegelapan dan kegerahan.

Dan akhirnya setelah semua jaringan dibongkar dan diganti, masalah teknis itupun selesai sudah (?).

Iklan

2 Comments Add yours

  1. masyhury berkata:

    Masalah teknis seperti itu aku memang sering terjadi.. sudah biasa.. 😀


    karena sudah sering itu, sampeyan jadi biasa. saya kan seumur-umur baru kali ini 😀

  2. Lintas Berita berkata:

    salam kenal ya mas dari Lntasberita…kalau di daerah saya mati lampu mah sudah biasa 2 malem hidup sehari mati, jadi dah ga kaget dengan gelap2an..oia mas hakim tukeran link yuk ! Jika berkenan silahkan saja kunjungin Link Otomatis di blog saya, jangan lupa link backnya yah..Terimakasih sebelumnya..


    wah.. hebat ya. listriknya sudah punya jadwal tetap 😀

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s