Kejutan!

Pulang kerja hari Rabu (23/11) yang lalu, saya tidak mempunyai firasat apapun. Setelah menjemput anak dan istri di sekolah, kami langsung pulang. Sesampai di rumah, belum ada 30 menit, telpon rumah berdering. Saya yang kebetulan berada paling dekat dengan telepon, segera mengangkat. Terdengar suara seperti anak kecil di seberang. Tapi sayang, telepon mati, putus.

Siapa? Tanya istriku

Nggak tahu, suaranya kok seperti Shofa, ya, jawabku. Shofa adalah anak salah seorang teman.

Kemudian telepon berdering kembali. Kali ini istriku yang mengangkatnya. Tiba-tiba saja raut wajah istriku berubah dan suaranya terdengar bergetar.

Saya yang berdiri di sebelahnya agak sedikit khawatir, takut kalau itu berita buruk.

Ternyata itu bukan berita buruk, malahan itu berita gembira bagi kami. Sebuah penerbit yang sedang mengadakan lomba menulis cerpen untuk anak-anak memberitahukan, bahwa anak kami, Atikah lolos seleksi dan hari itu juga diharap bisa hadir di Jakarta.

Sebetulnya kami memang sedang menanti-nantikan pengumuman itu, namun sampai pagi hari Rabu (23/11) kami tidak menerima sebuah berita pun. Padahal peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk menghadiri Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) di Jakarta pada tanggal 23-26 November 2011. Sehingga kami berasumsi, bahwa memang belum rejeki anak kami untuk mengikut konferensi itu.

Berbagai rasa berkecampur aduk dalam hati kami menerima berita itu. Rasa haru, bahagia, terkejut juga sedikit tidak percaya menguasai hati kami.

Akhirnya, naik pesawat adalah pilihan saya untuk bisa datang Jakarta dengan segera. Di samping agar Atikah tidak terlalu capai di perjalanan.

Kamis (24/11) dini hari, kami tiba di lokasi kegiatan, di Grand Menteng Hotel, Jl. Matraman, Jakarta Timur. Pagi harinya, agenda panitia yang menumpuk telah menunggu Atikah.

Hari Jum’at (25/11) yang bertepatan dengan hari Guru Nasional, peserta KPCI mengunjungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di sini, selain dilakukan deklarasi Komunitas Penulis Cilik Indonesia, juga akan diumumkan hasil lomba sekaligus penyerahan tropi dan hadiah oleh Menteri Pendidikan, Prof. Muhammad Nuh.

Dan ternyata, ada kejutan lain lagi yang menunggu saya di Gedung A Lantai 3 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atikah memperoleh Juara I Lomba Menulis Cerpen kategori Penulis Cilik Pemula. Kemenangan ini seolah melengkapi kebahagiaan saya, dan istri tentunya, karena target awal saya tidaklah terlalu muluk. Mengikuti konferensi di Jakarta sudahlah cukup, memberikan pengalaman baru untuk Atikah. Dan ternyata Allah memberikan lebih untuk kami.

Dan ketika berita ini saya sampaikan kepada istri dan salah seorang teman di Semarang, maka ucapan selamat senantiasa mengalir ke handphone saya dan handphone istri. Hadza min fadhli rabbi, ini semua adalah keutamaan dari Allah.

Iklan

4 Comments Add yours

  1. rapek berkata:

    Barakallah… ya nduk Atikah, juga barakallah ya akhi…
    turut senang mendengarnya… 🙂 keep writing!

    [tak sia2 abine ngajari nulis anake… mabruk! mabruk!]


    Matur nuwun pak NH

  2. Ping-balik: Kejutan! |
  3. Ping-balik: Kejutan! | Blog

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s