Kena Razia

Semalam, sedang enak-enaknya kebut-kebutan di dunia maya, tiba-tiba, mak jegagik, ujug-ujug en sekonyong-konyong, ada razia dari ‘polisinya’ Microsoft. Waktu diminta menunjukkan serial numbernya, ternyata dianggap tidak valid. Karena memang serial numbernya milik orang lain, alias bajakan. Waduh bagaimana ini, jelas polisi yang satu ini tidak bisa diajak berdamai. Wallpaper monitor langsung gelap, disertai ‘ancaman’ di taskbar.

Sebetulnya ini bukan kali pertama saya terkena razia. Seingat saya ini sudah yang kedua. Berbekal pengalaman terdahulu, saya mencoba pakai pintu belakang. Segera saya cari keyfinder dari Magical Jelly Bean yang terkenal itu. Namun ternyata cara ini sudah tidak ampuh lagi (ato ada dari pembaca yang tahu kenapa). Saya coba berkali-kali ternyata tetep tidak mau berubah serial numbernya. Saya cari lagi keyfinder yang lain, mungkin punya saya sudah kadaluwarsa. Bahkan saya sudah pakai keyfinder yang paling mutakhir. Ternyata hasilnya sama saja. Wah alamat tidak bisa tidur nyenyak deh.. 😦

Pagi harinya saya coba lagi, ternyata Microsoft kekeuh. Akhirnya cari cara lain, dan Alhamdulillah berhasil. Malah yang ini tidak pakai program dari luar, karena hanya ngutak-ngatik di registry-nya saja.

Btw, untuk mengecek keaslian windows yang digunakan, biasanya banyak yang menggunakan Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool, yang banyak beredar di internet. Padahal, hasil dari MGA Diagnostic Tool tidak 100% benar. Bahkan beberapa orang mulai meragukan ‘kesaktiannya’.

Silakan lihat screenshoot di bawah ini.


Pada MGA Diagnostic Tool, untuk Product Key-nya berakhiran 46WFG. Sedangkan hasil Magical Jelly Bean Keyfinder berakhiran CDHH6. Jadi, jangan mudah percaya dengan hasil MGA Diagnostic Tool. Kalau mau amannya, tetep pakai yang original (kalo punya uang 😀 ). Biar nggak deg-degan tiap kali ada razia. Betul?

One Comment Add yours

  1. Ping-balik: Tulisanku Hilang? |

Tuliskan komentar sobat Emha

