Menjaga Presentasi Tetap OK

Menjaga Presentasi Tetap OK dihadapan para dewan direksi atau atasan atau klien tentu sangatlah penting. Membuat presentasi dengan menggunakan Microsoft Power Point menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan pesan atau ide. Di sekolah-sekolah, cara ini mulai dilirik para guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa-siswanya. Karena disamping lebih interaktif, siswa menjadi lebih mudah mengerti tentang pelajaran yang disampaikan gurunya, karena berupa bahasa visual bukan sekedar verbal. Dan bila sang guru cukup kreatif, maka belajar di kelas atau sekolah akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Namun, terkadang komputer yang digunakan untuk menampilkan (presentasi) berbeda dengan komputer yang digunakan untuk membuat presentasi tersebut. Sehingga apa yang sudah disusun dengan baik akan menjadi hancur. Susunan kata dengan pilihan font yang indah akan menjadi berantakan karenanya. Dan saya pernah mengalaminya. Untuk mengatasi masalah font ini, biasanya saya juga mengikutsertakan font yang saya gunakan dalam file presentasi. Itu kalau ingat, kalau tidak maka presentasi yang disusun dengan susah payah bisa berubah menjadi bencana.

Sebenarnya, Microsoft sudah memperkirakan hal ini. Sehingga kita tetap bisa menampilkan presentasi kita dimanapun tanpa kurang suatu apapun atau adanya perubahan. Bahkan jenis hurufnya pun sama dengan ketika presentasi tersebut dibuat.

Di sini saya menggunakan Ms PowerPoint 2007. Setelah presentasi sudah selesai kita buat, jangan hanya mengcopy file PowerPoint (.ppt) langsung.

Klik terlebih dahulu Office Button di sebelah kiri atas > Publish > Package for CD

click to enlarge

Setelah langkah ini, akan muncul tampilan berikut

Bila ada beberapa file .ppt yang hendak ditampilkan, klik Add Files… Bila tidak, biarkan apa adanya.

Kemudian, karena kita hendak menyimpannya dalam media flash disk, pilih Copy to Folder saja. Akan muncul tampilan berikut:

Tentukan nama folder dan lokasi penyimpanan.

Setelah mengklik OK, akan muncul peringatan. Klik Yes saja atau tekan Enter.

Tunggu beberapa saat, hingga komputer menyelesaikan tuganya.

Setelah selesai, segera meluncur ke folder tempat menyimpan. Maka akan Anda jumpai folder dengan nama Presentasi (atau sesuai dengan nama yang kita berikan tadi).

Dalam folder Presentasi tadi, Anda akan menjumpai 15 file.

Untuk membuka presentasi, jangan membuka file PowerPoint (.ppt). Tapi bukalah file PPTVIEW.EXE.

Setelah mengklik PPTVIEW.EXE 2x, akan muncul peringatan dari Microsoft. Klik untuk Accept untuk membuka file Presentasi.

Dengan cara ini, maka Presentasi Anda akan tetap nampak indah seperti ketika Anda membuatnya.

Selamat mencoba. Semoga Anda bisa Menjaga Presentasi Tetap OK.

Iklan

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s