Membuat File PNG dengan Corel

Membuat File PNG dengan Corel? Masak bisa?

Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini.

Apakah Anda menemukan perbedaannya?

Ya. Meskipun nampak sama, tetapi kedua gambar tersebut mempunyai jenis yang berbeda. Yang sebelah kiri adalah file gambar jenis JPG, sedangkan yang sebelah kanan adalah jenis PNG.

Istilah PNG atau Portable Network Graphics tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering bergelut dengan dunia grafis. File gambar jenis ini memang paling oke (menurut saya). Karena dia bisa menyesuaikan diri dengan tempat ia berada. Berbeda dengan file jenis JPG, JPEG, GIF, BMP atau yang lain, ketika diletakkan di atas obyek yang lain, maka akan tercipta sebuah bidang putih. Sedangkan file jenis PNG, background gambar seolah-olah hilang dan menyesuaikan dengan tempat menempelnya gambar.

Semula saya agak kesulitan ketika hendak membuat file PNG sendiri. Cari sana-cari sini, ternyata banyak yang tidak menghasilkan seperti yang diharapkan, bahkan ada juga yang tidak berhasil sama sekali. Sedangkan mencari file PNG yang sudah ada di internet, kadang tidak sesuai dengan desain yang diinginkan. Bahkan kadang-kadang, meskipun jenisnya PNG, tetap saja ketika diaplikasikan ke program lain hasilnya tak beda dengan jenis JPG, GIF, ataupun BMP.

Setelah melakukan try-and-error, akhirnya ketemu juga cara membuat file PNG. Untuk itu saya coba share sedikit ilmu ini kepada Anda.

Untuk membuat file PNG ini, saya menggunakan program grafis Corel X3 (karena punyanya ya cuma ini).

Pertama, buka terlebih dahulu file yang hendak dijadikan PNG dengan menggunakan Corel PHOTO-PAINT. Kemudian jadikan gambar tersebut menjadi obyek baru dengan menekan ikon Creates an object from the background (nomor 1 pada gambar).

Sebenarnya tanpa melakukan langkah inipun tetap bisa, namun perubahan yang terjadi setelah melakukan mask dan menghapusnya tidak akan nampak. Karena backgroundnya tetap putih. Sedangkan kalau mengubah gambar menjadi obyek, bagian yang kita hilangkan akan benar-benar tidak terlihat (digantikan dengan area kotak abu-abu-putih).

Gunakan Magic Wand Mask Tool agar mudah untuk menyeleksi bagian gambar yang hendak kita hilangkan. Atur tolerance-nya agar bagian yang tidak kita inginkan benar-benar terhapus sempurna. Bila ada bagian yang hendak kita hilangkan tidak ikut terhapus, gunakan secara manual dengan Eraser Tool. Sehingga gambar yang kita inginkan benar-benar bersih.

Setelah gambar siap, salin (copy) gambar tersebut ke Corel Draw. Sebenarnya, sampai disinipun sudah tidak mempunyai background. Seperti terlihat pada gambar di bawah, garis batas halaman kertas terlihat di balik gambar.

Namun gambar itu belum bisa diajak ‘jalan-jalan’. Karena bila ditempelkan ke program lain, ia akan kembali seperti semula, alias ada background putih di belakangnya. Untuk itu, sabar sedikit saja. Karena tinggal beberapa langkah lagi, file PNG siap diajak nampang.

Kembali ke gambar yang tadi. Klik terlebih dahulu gambar yang hendak dijadikan PNG. Kemudian eksport gambar tersebut dengan menekan ikon eksport atau Ctrl+E. Sehingga muncul tampilan berikut ini.

Pada bagian Save as type, ubah dari JPG – JPEG Bitmaps menjadi PNG – Portable Network Graphics. Jangan lupa untuk mencentang Selected only.

Kemudian klik tombol Export.

Centang pada Transparent background, lalu klik OK. Yang lain-lain terserah mau diapakan.

Pilih Masked Area, dan centang pada Interlace Image. Klik Preview untuk melihat hasilnya. Bila pada bagian Result (sebelah kanan), backgroundnya menjadi hitam, itu tandanya file PNG siap diekspor. Langsung aja klik OK untuk mengekspor file tersebut.

Dan ucapkan Alhamdulillah, file PNG Anda sudah jadi dan bisa diajak mejeng diblog.

Peringatan!

Tulisan ini hanya untuk para Pemula, tidak cocok untuk para Master, Mister, apalagi Monster.

Itulah sedikit sharing saya tentang Membuat File PNG dengan Corel. Semoga bermanfaat.

Iklan

7 Comments Add yours

  1. Blesstea Ok berkata:

    terima kasih gan…

  2. M Heri Kurniawan berkata:

    Alhamdulillah. Makasih. 🙂

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s