Apa Untungnya Ngeblog

Apa untungnya ngeblog?
Apa untungnya ngeblog?

Apa untungnya ngeblog? Begitu tanya salah seorang teman kepadaku, ketika ia memergokiku sedang asyik mengoprek blog kesayanganku ini.

Terus terang. Tak ada yang bisa kukatakan untuk menjawab pertanyaan yang sederhana itu.

Keuntungan materi? Ya. Beberapa blogger mendapatkan keuntungan materi dari blog mereka. Tapi berapa banyak dan berapa lama? Tapi bukan itu yang menjadikanku menghabiskan sebagian waktuku untuk rajin memposting (apa iya?).

Mungkin bagi sebagian blogger, ngeblog adalah salah satu cara menyalurkan hobi. Atau bisa juga ngeblog adalah hobi itu sendiri.

Berbeda dengan facebook atau ngetwit. Kalo untuk mengelola kedua media sosial itu tidak membutuhkan perhatian besar, tidak demikian halnya dengan ngeblog. Di blog tidak mungkin kita hanya menuliskan: “lagi galau nih…” atau “kok sepi ya?” Paling tidak butuh  1-2 paragraf ketika hendak memposting sesuatu. Jadi bisa dibilang, seorang blogger bisa jadi punya akun di fb dan tewe. Tapi eksis di fb dan tewe belum tentu aktif pula ngeblognya.

Jadi apa untungnya ngeblog?

Untungnya ngeblog? Ya banyak. Tergantung bagaimana kita. Tambah ilmu, tambah teman, tambah wawasan, dan tambah…kreatif untuk terus menulis dan menulis. Paling tidak, itulah menurut saya untungnya ngeblog.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

Tuliskan komentar sobat Emha

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s