Silakan Copy-Paste

copyrightCopy dan paste atau sering disebut copas memang sebuah penyakit yang mewabah. Sejak computer personal dikenalkan IBM, maka budaya copas ini sudah mulai menggejala. Kalau pada era mesin ketik, orang untuk membuat laporan harus repot-repot memencet tuts-tuts yang superkeras. Bahkan untuk menjiplak laporan pun, orang tersebut tetap harus bersusah payah untuk mengetik ulang.

Namun kini budaya copas memang sudah merajalela. Bahkan konon kabarnya sudah sampai ke kalangan akademisi. Budaya nggampangke dan mencari enaknya adalah asal muasal budaya ini. Yah itulah salah satu sifat manusia, cari mudah dan tidak mau susah.

Banyak cara yang ditempuh untuk mencegah karya kita ‘dicuri’ orang lain. Namun banyak pula cara untuk ‘mencuri’ karya dan ide orang lain. Bagi Anda yang tidak ingin karya atau idenya direbut atau disebarkan oleh orang lain, saya punya trik. Tidak perlu pakai software apapun, karena dengan memakai software justru memudahkan proses ‘pencurian’ tersebut. Caranya: biarkan ide itu ada dalam fikiran Anda, jangan dilontarkan, jangan ditulis, jangan diketik apalagi diposting di blog. Namun resikonya, ide itu tidak akan berkembang bahkan mungkin akan hangus dan hilang, bila terlalu lama ngendon di otak.

Kembali ke masalah copas, saya sendiri pernah mengalaminya. Tulisan yang saya posting dijiplak-plak tanpa ada perubahan, kemudian diposting di blognya. Saya sih nemunya tanpa sengaja, waktu blogwalking. Ada perasaan bagaimana begitu, melihat tulisan saya bisa nongol di blog tersebut tanpa ada link ke blog saya. Gonduk, dongkol, geram, sedih, dan seterusnya. Dan ternyata yang copas tulisan saya tidak cuma satu website/blog. 😀

Namun setelah dipikir-pikir, saya malah menyesal mengapa harus gonduk, dongkol dsb segala. Nambah-nambahin dosa saja. Ketika saya menulis di blog, maka resikonya adalah tulisan saya akan bisa dibaca (dan juga digandakan) oleh orang lain. Meskipun saya proteksi tulisan tersebut dengan bermacam cara.

Akhirnya kini saya legowo and pasrah saja, bila ada tulisan saya yang dicopas tanpa memasang link blog saya. Prinsipnya, selama apa yang saya tulis adalah hal yang baik, kemudian ada yang menyebarkan tulisan tersebut dan ada yang tergerak karenanya, bukankah saya akan tetap mendapatkan kebaikan tersebut? Artikel atau postingan bisa saja ‘dicuri’, tapi pahala kebaikan tersebut akan tetap mengalir ke saya bukan? Jadi kalau ada hal yang baik di blog ini, silakan dicopy-paste. Kalau mencantumkan link ke blog saya, Alhamdulillah, berarti bagi-bagi rejeki. Tapi kalau tidak dicantumkan, tetap Alhamdulillah karena ada yang mau menyebarkan tulisan saya. Jadi mau copas? Silakan saja!

Tuliskan komentar sobat Emha

